Jumat, 19 November 2010

CARA MENGOBATI PENYAKIT MIGRAIN



Cara mengobati migrain. Migrain adalah nyeri kepala berdenyut yang paling sering menyerang satu sisi kepala saja, kadang berpindah ke sisi sebelahnya, namun tak jarang pula mengenai kedua sisi kepala sekaligus. Sakit kepala ini seringkali disertai rasa mual dan muntah. Biasanya penderita akan sensitif terhadap cahaya, suara, bahkan bau-bauan.
Penyebab penyakit ini masih belum begitu jelas. Diperkirakan, adanya hiper aktifitas impuls listrik otak meningkatkan aliran darah di otak,akibatnya terjadi pelebaran pembuluh darah otak serta proses inflamasi. Hal ini menyebabkan timbulnya nyeri dan gejala yang lain, misalnya mual. Semakin berat inflamasi yang terjadi, semakin berat pula migrain yang diderita. Faktor genetik diketahui berperan terhadap timbulnya migrain.
Penyakit ini bisa sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.
Seperti yang dikutip dari Conectique, untuk melawan migrain, Anda bisa mengikuti beberapa cara alami berikut :
Jahe
Jahe juga berkhasiat untuk membantu mengurangi nyeri kepala Anda. Tanaman ini bertindak sebagai obat anti alergi dan juga anti radang, sehingga sangat efektif untuk mencegah migrain menjadi semakin bertambah buruk.


Omega 3
Omega 3 yang terdapat pada ikan, khususnya ikan salmon, juga terbukti efektif dalam melawan nyeri kepala akibat migrain.
Magnesium
Jenis makanan yang kaya akan magnesium seperti yang terdapat dalam jenis sayur bayam, kacang polong dan labu juga dapat mengurangi serangan migrain yang muncul tiba-tiba.
Vitamin B2
Asupan makanan kaya akan vitamin B2 dapat meningkatkan energi pada otak dan sel-sel otot. Sumber vitamin ini sama efektifnya dengan aspirin yang sudah Anda ketahui khasiatnya dalam mengurangi dan mengatasi migrain. Dipresumsikan bahwa vitamin B2 membantu mengurangi pelebaran pembuluh darah yang menyebabkan migrain.
Kafein
Kafein efektif untuk mengurangi sakit kepala. Khasiatnya hampir sama dengan ibuprofen. Jika Anda mengkombinasikan keduanya, kafein dan ibuprofen maka akan mendapatkan hasil yang baik, namun perlu sangat hati-hati dengan dosis atau takarannya. Terkadang kafein juga bertanggung jawab atas munculnya rasa nyeri pada bagian kepala Anda.Kafein ini bisa Anda temukan pada kopi atau the

.
Konsumsi Karbohidrat
Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat komplek. Kandungan zat ini banyak terdapat pada roti gandum, nasi dan pasta. Fungsinya adalah membantu memberikan energi yang tubuh Anda butuhkan, sehingga dapat membantu mengurangi intensitas munculnya migrain dan mencegahnya bertambah parah.
Aromaterapi
Cara lain yang terbilang ampuh untuk mengatasi migrain adalah dengan aromaterapi. Pilihlah aroma wewangian apel hijau yang diketahui efektif dalam mengurangi nyeri sakit kepala Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar